Wednesday, May 5, 2010

Panduan Membeli Komputer Baru 2010

Pemilihan spesifikasi komputer sangat diperlukan agar tidak mubazir. Kemubziran tersebut dapat disebabkan akibat kita tidak dapat mengeksploitasi kemampuan yang dimiliki computer tersebut secara maksimal.

Tidak bisa dipungkiri bahwa segala kemudahan yang ditawarkan oleh komputer membuat banyak orang jadi ingin memilikinya, meskipun ada saja orang yang ingin memilikinya hanya karena tidak ingin dikatakan ketinggalan zaman. Namun keinginan untuk memiliki komputer seringkali terkendala dengan masalah dana. Terlebih ketika harga-harga sedang melambung seperti saat ini.

Oleh karena itu diharapkan kita dapat menekan biaya yang ada namun tetap dapat memaksimalkan kinerja komputer yang kita punya.

2. ISI

Dari sumber yang saya dapat ada beberapa kriteria dalam memilih computer yang sesuai,diantaranya adalah :

a. Untuk tujuan apa komputer tersebut akan digunakan..

Hal pertama yang terpenting dalam membeli komputer ialah kebutuhan maksudnya adalah komputer yang akan kita beli nanti akan digunakan untuk apa. Sebagai contoh :

a. Office Class

Komputer yang dipakai hanya untuk mengetik saja (Office Class) tentunya tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi dan mahal. Cukup apabila komputer tersebut sudah dapat menjalankan berbagai aplikasi perkantoran (misalnya, word processing dan spreadsheet). Hanya saja justru dana harus dibagi untuk belanja beberapa perangkat tambahan penting, seperti: printer, scanner, modem-fax, dan media pemutar sekaligus penulis disc. Carilah printer dengan kualitas bagus, hal ini untuk menghasilkan hasil cetak karya yang lebih baik. Intinya kelas ini melakukan kegiatan: mengetik, menyalin, mengirim dan mencetak, jadi perangkat yang berhubungan dengan keempat kegiatan ini harus bagus. Pusatkan pengeluaran dana untuk kebutuhan perangkat ini.

b. Gaming Class

Komputer yang dipakai untuk menjalankan aplikasi permainan (Gaming Class) memerlukan spesifikasi perangkat/komponen tertentu yang sangat baik, terutama untuk perangkat: display (Monitor) yang luas, grafis (Graphics Card) yang memadai untuk menjalankan grafis rendering 3D gaming dengan kapasitas memori cukup, dan memori (Memory Module) komputer yang besar dan cepat. Graphics card dan memory module sangat memegang peranan penting untuk kelas ini, carilah yang kualitasnya sangat baik dan mendukung untuk game-game generasi berikutnya. Disamping itu kegiatan bermain ini biasanya dilakukan dalam waktu yang lama, maka perlu diperhatikan faktor pendingin untuk processor maupun ruang dalam casing yang lebih baik. Keyboard dan mouse yang ergonomis dan memiliki daya tahan yang lebih baik juga dibutuhkan untuk mendukung kegiatan ini. Dan jangan lupa dengan beberapa peralatan khusus gaming, seperti joystick, joypad, atau streering wheel.

c. Multimedia Class

Komputer multimedia (Multimedia Class) lebih mengutamakan pada kegiatan yang berhubungan dengan: suara dan visual baik memutar, mengedit, dan mencetak. Pusatkan pengeluaran dana untuk membeli perangkat yang berhubungan dengan keduanya, terutama: kartu suara (Sound Card) kualitas bagus, display (Monitor) yang cukup besar, pemutar dan penulis disc (CDRW atau DVDRW), speaker, headset, keyboard multimedia, tv tuner, scanner, webcam. Ya, sebenarnya justru kelas ini dana yang akan dikeluarkan lebih besar dari yang lain. Seringkali kita dapati penjual menawarkan sebuah komputer yang dikatakannya kelas multimedia, namun ternyata yang mereka sebut itu hanyalah sebuah komputer dengan kemampuan biasa saja (atau bahkan kurang) dan hanya ditambah sebuah pemutar disc dan speaker. Untuk apa kita membeli komputer multimedia namun apabila digunakan untuk mendengarkan lagu, telinga terasa tidak nyaman, atau saat kita melihat ke layar terasa ada yang kurang.

d. Profesional Class

Ada juga kelompok pemakai yang menginginkan komputer dengan spesifikasi khusus yang biasanya langsung bersentuhan dengan profesinya (Profesional Class). Kelompok ini merupakan para pengguna komputer dengan kebutuhan spesikasi hardware dan software khusus untuk satu atau dua pekerjaan saja, contohnya para desain grafis dan editor video. Spesifikasi perangkat/komponen komputernya sangat beragam dan sangat tergantung dengan spesialisasi pekerjaan, kebutuhan tingkat teknologi yang dipakai, tingkat keahlian, serta media pekerjaan. Biasanya untuk kelompok ini harga menjadi nomor dua, teknologi dan perkembangan (baik perkembangan teknologi di bidang pekerjaan maupun penyesuaian permintaan) menjadi nomor satu. Tips untuk kelompok ini adalah gunakan dana sesuai penyerapan teknologi, jangan membeli perangkat/komponen high-tech namun tidak bisa memakainya. Sesuaikan batas kemampuan mengontrol, menjalankan, dan menghasilkan karya dengan teknologi yang dipakai.

b. Kumpulkan berita dan review dari berbagai perangkat/komponen yang akan dibeli, atau tanggapan dan kesan-kesan orang lain ketika memakainya.

Semuanya dapat dicari dari majalah-majalah (baik yang cetak maupun online, seperti Chip, PC World, PC Magazine, PC Komputer, PC Guide, PC Plus, dll) atau situs-situs reviewer seperti AnandTech, Tom Hardware, HardOCP, dan lain-lain. Jangan hanya mengandalkan satu sumber saja, apalagi itu adalah sebuah majalah atau situs yang disponsori oleh merek produsen tertentu. Biasanya tulisan atau laporan dari pengalaman banyak orang lebih dapat dipercaya, karena adanya perbedaan saat antara perangkat/komponen yang diuji di laboratorium dengan yang dipakai oleh orang kebanyakan. Hasil uji yang dilakukan oleh majalah atau situs biasanya dihasilkan dari perangkat/komponen pilihan produsen, bukan benda yang beredar di pasaran. Jadi jangan heran apabila ada majalah atau situs menyarankan suatu perangkat yang menurut mereka sangat bagus, namun di pasaran ternyata perangkat tersebut kurang bagus. Satu lagi sumber tempat kita mencari informasi yang bagus sekaligus dapat bertanya adalah di situs forum.

c. Bertanyalah dan bandingkan ke banyak toko atau penyalur perangkat/komponen.

Semakin banyak kita bertanya, maka semakin bebas kita memilih. Sangat riskan apabila kita hanya datang bertanya kepada satu toko saja lalu tertarik untuk membelinya. Hal ini dapat menjadi rasa sesal apabila perangkat yang telah dibeli ternyata pada toko lain ditawarkan dengan harga yang lebih murah atau layanan purna jual yang lebih baik.

d. Ajak teman atau saudara yang mengerti tentang komputer ketika akan memilih atau membeli komputer.

Jangan menyerahkan ketidaktahuan anda kepada pihak toko. Sudah hukum pasar apabila toko hanya tahu bagaimana caranya agar dagangannya dapat terjual. Baik itu dengan bujukan atau penipuan kasar sekalipun akan mereka lakukan. Dengan adanya teman atau saudara yang memiliki pengetahuan cukup mengenai perangkat/komponen komputer kita akan merasa aman dan nyaman. Bertanyalah sebanyak-banyaknya sebatas pengetahuannya. Cobalah untuk memberi keleluasaan kepadanya untuk memberikan pendapatnya.

e. Perhatikan apa yang dapat ditawarkan oleh toko penjualnya.

Selain perangkat/komponen itu sendiri, ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui saat membelinya: Layanan Purna Jual (sistem Garansi, jenis Service yang ditawarkan, apakah pihak toko dapat menerima Trade-In, dan lain-lain), lokasi service, nomor telepon, ketersediaan perangkat cadangan (stock). Jangan terbuai dengan bonus-bonus yang disertakan pada perangkat tersebut, fokuskan pada kualitas, layanan, dan harga yang pantas.

f. Usahakan melakukan tes pada perangkat/komponen yang akan dibeli di took penjualnya.

Ada toko-toko yang menyediakan layanan seperti ini. Mereka mempersilahkan pembeli untuk mengetes barang yang mereka beli, namun cara yang dilakukan berbeda-beda. Ada yang mengharuskan kita membeli terlebih dahulu, ada juga yang menawarkan pengetesan sebelum kita membeli. Yang terpenting, adanya kesepakatan (sebaiknya ditulis di nota atau faktur pembelian) bahwa kita dapat mengembalikan atau mengganti perangkat/komponen yang dibeli apabila barangnya ternyata rusak atau bahkan tidak kompatibel. Berhati-hatilah untuk poin yang satu ini, karena banyak pembeli yang tidak mengetahui atau kurang mengerti akan hal ini sehingga ketika ternyata barangnya rusak terus tidak dapat dikembalikan, biasanya pihak toko beralasan bahwa rusaknya barang tersebut dikarenakan kelalaian kita bukan barang rusak yang mereka jual.

g. Catat hasil bertanya atau mintalah brosur pada took-toko yang dikunjungi.

Juga pakailah kalkulator untuk menghitung perkiraan jumlah dana yang akan dikeluarkan, kalkulator juga dapat dipakai untuk menghitug kurs dolar yang berlaku saat itu karena banyak toko yang memberlakukan harga dengan dolar.

i. Bandingkan daftar harga yang anda dapat dengan situs komputer online.

http://www.bhinneka.com adalah salah satu situs computer online yang dapat anda jadikan acuan saat akan membeli maupun membandingkan harga perangkat komputer.

j. Tunggu dolar turun atau tunggu event-event tertentu.

Kurs dolar yang tidak menentu menjadi suatu hambatan kita dalam membeli suatu perangkat komputer. Oleh karena itu kita harus cermat dan tepat menentukan waktu dalam memilih komputer atau jika tidak tunggu saja event-event tertentu seperti hari kemerdekaan RI atau tahun baru cina (Imlek) pada saat tersebut biasanya toko-toko akan memberikan potongan khusus untuk pembelinya.

3. PENUTUP

Tips dan trik diatas semoga dapat dijadikan salah satu barometer pada saat akan membeli komputer agar dapat memaksimalkan kinerja komputer dan bagi yang dananya terbatas sudah bukan masalah lagi hanya dibutuhkan kecermata. Sekian artikel yang saya buat.Terima kasih.

No comments:

Post a Comment